Dukcapil Kudus Ngangsu Kawruh ke Dukcapil Bantul

Dkcpnews- dijaman keterbukaan dan mudahnya informasi sekarang ini, tidak dapat dihindari juga perbaikan pelayanan utamanya pelayanan publik untuk mereformasi menjadi lebih cepat dan akuntabel. Dukcapil Kudus, ditahun 2020 penilaian evaluasi Zona Integritas dari pemerintah pusat mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan penilaian dari KemenPAN dan RB tentang pelayanan publik 3 tahun berturut-turut mendapatkan nilai Sangat Baik.

Dengan bermodal tekad untuk memperbaiki pelayanan, hari Kamis (19/8), di Hotel Manohara Jogjakarta, Kepala Dinas Dukcapil Kudus, Drs. Eko Hari Djatmiko, M.Si dan beberapa orang staf, mengajak ngangsu kawruh dengan didampingi Inspektur dan Kabag Organisasi Setda Kudus, ke Dinas Dukcapil Bantul dan Kabag Organisasi setda Bantul. Pilihan Dinas Dukcapil Bantul menjadi tujuan belajar ini, dikarenakan Bantul pada tahun 2020 mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) serta evaluasi pelayanan publik mendapat penilaian pelayanan prima.

Dalam penyampaiannya, Kasubbag Ketatalaksanaan Kusnanto, S.Si mewakili Kabag Organisasi setda bantul sebagai pembicara menyampaikan, sebenarnya nilai yang sudah diperoleh Kudus sudah bagus dan sudah sepantasnya Kudus mendapatkan peningkatan predikat, hal ini disampaikan setelah mellihat paparan pendahuluan dari Teguh Riyanto, Kabag Organisasi Setda Kudus. ada perbedaan yakni, jika di Bantul, ada peningkatan tukin berdasarkan capaian kinerja pada sakip setiap 3 bulan sekali dengan nama program “Rapotan”, yang diberikan sebagai reward untuk organisasi Perangkat Daerah dengan penilain Rapot yang baik. “Tunjangan kinerja berdasarkan capaian kinerja pada Sakip dengan evaluasi pertiga bulanan”, ujar Kusnanto

Kesempatan yang sama, Kepala Dukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho, SH, MH. menyampaikan bahwa seluruh pelayanan kembali ke PermenPAN&RB Nomor 10 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Mentei Pendayagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah. “untuk evaluasi ini, tidak harus sarpras yang bagus, tapi kelengkapan apa yang sesuai dengan aturan demi mempercepat serta mempermudah pelayanan ke masyarakat”, Ucap Bambang.

“Belajar dari Bantul ini, sangat bermanfaat sekali, semoga apa yang telah dilaksanakan di Bantul dapat diadop Kabupaten Kudus”, pungkas Adi harjono mengakhiri acara. (Ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat